Sekedar pemberitahuan saja, di SMA Katolik St. Petrus Kanisius Palangka Raya telah tersedia fasilitas internet gratis via jaringan Wireless LAN atau WiFi.

Jadi bagi teman-teman yang memiliki laptop, ponsel atau gadget yang telah memiliki fitur WiFi dapat berselancar di dunia maya melalui jaringan ini. Gratis, dan tidak perlu ribet. Jaringan WiFi nya telah saya setting secara otomatis. SSID atau nama dari jaringan WiFi nya adalah ‘sma-katolik’. Selain jaringan ‘sma-katolik’, teman-teman juga bisa ber-internet menggunakan jaringan ‘yscpraya’, yaitu jaringan WiFi milik Yayasan.

Sayangnya, jaringan ini tidak standby 24 jam. Jaringan ini baru bisa digunakan jika saya sudah menyalakan/mengaktifkannya. Agak repot juga memang. :D Tapi ini semata-mata untuk menjaga agar alat-alat jaringan tersebut bisa awet dan tahan lama. Berdasarkan pengalaman, kebanyakan alat-alat jaringan cepat rusak karena dipakai non-stop. Apalagi jika cuaca buruk peralatan-peralatan tersebut tidak dimatikan.

Jangan khawatir karena biasanya jaringan ini saya aktifkan sampai sore. Saya perhatikan, sudah mulai banyak guru-guru dan siswa-siswi yang telah memanfaatkan jaringan Wi-Fi ini, baik untuk mencari bahan pelajaran, atau sekedar Facebook-an. :mahos

Access Point yang saya gunakan untuk jaringan WiFi SMA adalah Linksys WRT54G.

Sedangkan untuk jaringan WiFi Yayasan, access point yang digunakan adalah Blue-Link R33N, yang merupakan access point yang saya gunakan saat menyusun TA (lihat gambar di atas). Dengan standar terbaru WiFi 802.11n, dan teknologi antena MIMO, jarak jangkauan dari access point Blue-link ini sangatlah jauh. Bahkan Unit TK yang berjarak sekitar 100 meter pun dapat menggunakan jaringan WiFi ‘yscpraya’ ini juga.

Semoga jaringan WiFi ini dapat bermanfaat bagi kita semua :shakehand2

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus