Wikipedia yang dibangun dengan semangat kebersamaan yang tinggi mengizinkan siapapun menulis atau mengedit tulisan yang ada. Kebebasan inilah yang menjadi kekuatan, sekaligus kelemahan Wikipedia. Semua orang bisa mengedit Wikipedia, bahkan pengguna anonim sekalipun.

Banyak Wikipedian (editor yang sering menulis dan mengedit tulisan di Wikipedia) menunjukkan loyalitas yang tinggi terhadap website ini. Mereka bertindak sebagai “anjing penjaga”, dan memperbaiki tulisan-tulisan yang berpotensi merusak citra Wikipedia.

Wikipedia sendiri mencatat setiap perubahan, sehingga tulisan-tulisan yang dirusak dapat dikembalikan kepada versi sebelumnya. Website ini juga menyediakan beragam fitur yang dapat digunakan atau diminta oleh para Wikipedian, seperti mengunci sebuah halaman, memblokir pengguna-pengguna tertentu, dan menandai tulisan-tulisan yang melanggar aturan di Wikipedia.

Ketika editor yang tidak terdaftar melakukan pengeditan tulisan di Wikipedia, website ini mencatat alamat IP-nya, sederetan angka unik yang menandai setiap komputer yang terhubung di Internet. WikiScanner (Wikipedia Scanner) menggunakan catatan ini untuk melacak alamat-alamat IP dari editor anomim.

Selanjutnya, WikiScanner membandingkannya dengan perusahaan pemilik IP tersebut. Dengan demikian, WikiScanner dapat mengenali siapa editor anonim tersebut, atau paling tidak mengetahui organisasi yang menyediakan akses Internet untuknya.

Hasilnya cukup mencengangkan, puluhan juta pengeditan anonim telah dilakukan oleh 180 ribu organisasi. Sebagiannya jelas-jelas melanggar aturan di Wikipedia. Di antara mereka terdapat organisasi-organisasi besar, seperti FBI, CIA, Partai Buruh Inggris, Wal-Mart, Gereja Saintologi, Dell Computers, Microsoft, Apple, dan PBB.

Ide di Balik WikiScanner

WikiScanner, karya Virgil Griffith dirilis pada 14 Agustus 2007, memanfaatkan fitur utama Wikipedia, yakni catatan perubahan dan IP editor. Catatan perubahan ini dapat diakses dengan mengklik tab “history” pada bagian atas setiap tulisan. Pada tab tersebut Anda dapat melihat nama-nama dari pengguna yang terdaftar, alamat IP dari editor anonim, serta catatan perubahan yang mereka lakukan.

Anda juga dapat membandingkan versi yang berbeda dari sebuah artikel atau meninggalkan pesan untuk editor, bahkan yang tidak terdaftar sekalipun. Wikipedia mengizinkan setiap orang untuk men-download keseluruhan ensiklopedia, termasuk catatan perubahannya. Griffith mendownload Wikipedia, dan menganalisis perubahan yang dilakukan oleh editor anonim beserta alamat IP mereka.

Ia menemukan 34.417.493 pengeditan yang dilakukan oleh editor anonim yang berasal dari 2.668.095 alamat IP. Menggunakan software pelacak pemilik alamat IP, Griffith menemukan perubahan anonim tersebut dilakukan oleh 187.529 organisasi.

Pengguna dapat memanfaatkan WikiScanner, yang saat ini dapat diakses melalui website Griffith di http://wikiscanner.virgil.gr, untuk mencari organisasi tertentu, sebuah alamat IP tunggal, sebuah blok alamat IP, atau sebuah entri di Wikipedia. Di sini Anda terdapat fitur “Editor Picks”, berisi link-link pengeditan yang dilakukan oleh organisasi-organisasi terkemuka, yang dibagi ke dalam beberapa kategori, seperti pemerintahan, pendidikan, politik, perusahaan, dan berita.

Website ini juga menyediakan daftar yang mampu membangkitkan minat pengunjungnya, seperti jumlah pengeditan anonim yang dilakukan dari alamat .gov. NASA, lembaga antariksa AS, menempati urutan pertama di kategori ini dengan 6.846 pengeditan. Sementara itu, Department of Defense Network Information Center (Pusat Informasi Jaringan Departemen Pertahanan AS) berada di di urutan teratas pada kategori pengeditan anonim dari alamat .mil dengan 43.823 pengeditan.

Pelanggaran yang Terungkap

Dalam website pribadinya, Griffith mengatakan bahwa dirinya mendapatkan ide untuk membuat WikiScanner setelah membaca berita tentang “pemutihan” yang dilakukan oleh anggota Kongres AS tentang dirinya di Wikipedia. Anggota Kongres tersebut mengganti kata-kata yang berkonotasi negatif tentang dirinya, seperti “controversial” dan “temperamental” menjadi “dynamic”.

Banyak pengeditan anonim, hasil temuan WikiScanner, melanggar petunjuk Wikipedia, khususnya aturan conflict of interest (COI). Editor yang berpotensi melanggar COI tidak dilarang untuk melakukan pengeditan tulisan yang dapat menimbulkan konflik kepentingan, tapi mereka disarankan untuk berlaku bijak. Pelanggaran aturan Wikipedia dilakukan oleh beberapa organisasi yang secara terang-terangan melakukan pengeditan tulisan untuk kepentingan mereka.

Salah satu prinsip fundamental Wikipedia adalah mempertahankan sudut pandang yang netral atau neutral point of view (NPOV). Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, menyebutnya sebagai “mutlak dan tidak dapat ditawar”. Banyak pengeditan kontroversial, yang diungkap oleh WikiScanner, melanggar prinsip NPOV ini.

sumber: Tabloid PCMild

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus