Kehidupan bisnis dan pribadi kita semakin tergantung pada komunikasi elektronik via Internet. Anda mungkin sudah siap mengambil langkah berikutnya, dan mencari perangkat yang mendukung Anda untuk mengakses Internet sambil beraktivitas.

Internet wireless menjawab kebutuhan itu. Anda mungkin pernah melihat berita atau iklan tentang ponsel dan PDA yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail. Muncul beberapa pertanyaan ketika memutuskan untuk mengakses Internet sambil beraktivitas. Apakah Anda masih dapat berselancar di Internet? Seberapa cepat Anda memperoleh informasi yang diperlukan? Anda pasti pernah mendengar WAP (Wireless Application Protocol) dan bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya.

Booming Seluler

Perluasan jaringan seluler digital dan PCS (Personal Communication Services) telah menciptakan landasan yang kuat bagi layanan Internet wireless. Menurut perkiraan, terdapat lebih dari 50 juta ponsel dengan dukungan Internet yang digunakan saat ini.

Pada 1997, Nokia, Motorola, Ericsson, dan Phone.com berembuk untuk membangun WAP. Mereka percaya bahwa kebutuhan standar Internet wireless yang universal sudah begitu mendesak. Sejak saat itu, lebih dari 350 perusahaan telah bergabung bersama mereka dalam Forum WAP.

WAP dirancang untuk bekerja pada layanan nirkabel yang sudah ada, menggunakan standar-standar seperti:

  • SMS (Short Message Service)
  • CSD (Circuit Switched Data) berkecepatan tinggi
  • GPRS (General Packet Radio Service)
  • USSD (Unstructured Supplementary Services Data)

Wireless Markup Language

WAP menggunakan WML (Wireless Markup Language) yang mencakup HDML (Handheld Device Markup Language) yang dikembangkan oleh Phone.com.

WML dikembangkan dari XML (eXtensible Markup Language). Tidak seperti HTML, WML dianggap sebagai meta language. Secara mendasar, hal ini berarti bahwa selain menyediakan tag-tag predefined, WML mendukung Anda untuk merancang komponen markup language sendiri. WAP juga mendukung penggunaan protokol Internet standar, seperti UDP, IP, dan XML.

Ada tiga alasan utama mengapa Internet wireless memerlukan WAP:

  • Kecepatan transfer
  • Ukuran dan keterbacaan
  • Navigasi

Kebanyakan ponsel dan PDA yang mendukung Internet memiliki kecepatan transfer data sebesar 14,4 Kbps atau kurang. Bandingkan angka ini dengan modem biasa yang berkecepatan 56 Kbps.

Kebanyakan website saat ini dipenuhi grafis yang membutuhkan waktu download yang sama pada kecepatan 14,4 Kbps. Untuk mengatasi masalah ini, biasanya konten Internet wireless berbasis teks.

Ukuran LCD yang relatif kecil pada ponsel atau PDA menjadi tantangan yang lain. Kebanyakan website dirancang untuk tampilan resolusi 640×480 pixel. Halaman dengan resolusi itu tidak termuat pada tampilan perangkat wireless.

Permasalahan lainnya adalah navigasi. Anda membuka website dengan menunjuk dan mengklik menggunakan mouse, tetapi jika Anda menggunakan ponsel, Anda sering menggunakan satu tangan untuk meng-scroll tombol-tombol.

WAP memperhitungkan semua keterbatasan ini dan menyediakan suatu cara untuk bekerja dengan ponsel yang biasa.

Wireless Application Protocol

Inilah yang terjadi ketika Anda mengakses website menggunakan perangkat yang mendukung WAP:

  • Anda menghidupkan perangkat dan membuka web browser mini.
  • Perangkat itu mengirimkan sinyal radio, mencari layanan.
  • Hubungan dibuat dengan penyedia layanan (service provider) Anda.
  • Anda memilih website yang ingin Anda lihat.
  • Permintaan dikirim ke server gateway menggunakan WAP.
  • Server gateway mengambil informasi itu via HTTP dari website.
  • Server gateway meng-encode data HTTP sebagai WML.
  • Data WML yang telah di-encode dikirimkan ke ponsel Anda.
  • Anda melihat versi Internet wireless dari website yang Anda pilih.

Untuk membuat konten Internet wireless, website menciptakan versi teks-saja atau grafis-rendah. Data itu dikirim dalam format HTTP oleh web server ke gateway WAP. Sistem ini mencakup encoder WAP, script compiler, dan adapter protokol untuk mengonversi informasi HTTP ke WML. Gateway itu kemudian mengirimkan data yang dikonversi ke client WAP pada perangkat wireless Anda.

sumber: Tabloid PCMild

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus