Sejak ramainya UU-ITE beberapa ISP mengeluarkan kebijakan sendiri untuk proteksi website yang dapat diakses oleh user-nya. Selain itu, admin di perusahaan-perusahaan dan kampus-kampus juga biasanya mem-blok situs-situs yang mereka anggap tidak layak.

Berikut adalah cara-cara (trick) untuk ngakalin web yang diprotek oleh ISP-nya…

Pendekatan 1: Gunakan Free Proxy.

Free Proxy adalah sebuah teknik dengan menggunakan proxy server yang merupakan sebuah server (sistem komputer atau program aplikasi) yang melayani permintaan klien dengan memforward permintaan tersebut ke server lainnya. Caranya mudah, ketika salah satu dari alamat website dibawah ini, dan ketik youtube.com atau multiply.com atau myspace.com. Anda akan diantar dengan aman ke tujuan Anda.

vtunnel.com, dtunnel.com, ctunnel.com, btunnel.com, beatfiltering. com, p-tunnel.com, gtunnel.com, safeforwork. com, unblockbess. com, ktunnel.com, youtubeunblock. com, apchemistry. info, polysolve.com, unblockwebsense. com, beatfilters. com, fastfreeproxy. com, imsly.com, l-tunnel.com, rtunnel.com, unblockyoutube. org, h-tunnel.com, pimpmyip.org, dahproxy.com, unblock8e6.com, apliterature. info, k-tunnel.com, freetoview.net, ztunnel.com, breakprox.com, iraniproxy.com, ftunnel.com, t-tunnel.net, v-tunnel.org,

Pendekatan 2: Gunakan website URL Redirect

Ada banyak lagi website URL redirect yang biasanya digunakan untuk memperpendek URL yang panjang. Diantaranya adalah tinyurl.com or snipurl.com.

Pendekatan 3: Gunakan Search Engine

Ketikkan alamat website yang anda tuju ke Google.com atau Yahoo.com. Ada hasil ‘tembolok’ atau cached pages, klik disana dan masuk ke website yang anda tuju.

Pendekatan 4: Gunakan Yahoo BableFish.

Coba klik link ini untuk mengakses YouTube. Untuk mengakses MySpace gunakan link ini, dan Multiply gunakan link ini.

Pendekatan 5: Gunakan Google Translate sebagai proxy server.

Biasanya bisa juga digunakan untuk masuk ke video-video di YouTube yang hanya bisa dilihat oleh pengunjung dari region tertentu. Translate URL yang anda tuju menjadi bahasa apapun, anda akan diantar ke halaman yang anda tuju.

Pendekatan 6: Gunakan WatchThis.com.

Caranya mudah, klik link ini, masukkan url yang anda ingin dapatkan beritanya dan alamat email anda. Sesudah itu, setiap ada update dari website tersebut maka Watchthis.com akan mengantar perubahan itu ke email anda.

Pendekatan 7: Gunakan website PDF Converter.

Sign up untuk account gratis di Adobe Create PDF Online, isi URL content yang anda butuhkan. Hasil website dalam bentuk PDF akan dikirim ke email anda untuk di download.

Pendekatan 8: Gunakan alternatif video hosting site (untuk pengguna YouTube).

Ada beberapa alternatif video hosting site selain YouTube seperti Veoh, Stage6, BlipTV, Vimeo, Metacafe, Vidilife, ZippyVideos, Google Video, Yahoo! Video, Eyespot, Grouper, Jumpcut, OurMedia, Revver, VSocial, BigContact, Blinkx, Bolt, Boltfolio, Broadsnatch, CastPost,

Pendekatan 9: Ketikkan IP Address dan bukan URL.

Metoda ini tidak selalu berhasil, tetapi dilaporkan bisa beberapa user berhasil menggunakannya di Cina, UAE, Iran dan Arab Saudi.
IP Address YouTube adalah 208.65.153.253, MySpace 216.178.38.116, Multiply.com 66.246.179.201.

Pendekatan 10: Mulai blog sendiri.

Untuk pengguna MySpace dan Multiply, lebih baik pindah ke website penyedia blog gratis seperti blogger.com, wordpress.com, typepad, tumblr.com, bloghost.com atau bahkan alternatif seperti getshifter.com.

Pendekatan 11: Gunakan custom domain dan self hosted blog.

Meskipun menggunakan website gratis terlihat mudah, tetapi seperti Multiply dan Myspace, user tidak dapat menggunakan namasaya.com, tetapi hanya menjadi subdomain di domain utama, jadi seperti namasaya.multiply. com. Menggunakan custom domain dan self hosted akan membuat anda terlihat lebih cerdas dan dapat mengkustomisasi brand anda. Ada banyak cara, misalnya menggunakan custom domain di Blogger.com, upgrade custom domain di WordPress.com, membayar hosting di typepad.com atau self hosted blog dengan menginstall Drupal, WordPress, Joomla ataupun TextPattern.

Pendekatan 12: Gunakan video downloader.

Salah satu kelebihan dan kehilangan yang sangat besar yang dialami oleh YouTube user adalah fitur embedable player. Anda tidak bisa lagi menyimpan video Youtube di postingan anda. Tetapi, jika anda menggunakan software video downloader seperti Orbit, anda masih bisa mendownload video tersebut. Setelah mendownload video itu, upload ulang ke alternatif YouTube yang ada di nomor 8.

Update

Beberapa cara di atas sekarang sudah tidak berlaku lagi. Tapi beberapa masih berlaku.

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus