Pertengahan 2006, jauh sebelum UU ITE disahkan, PayPal sudah melayani pengiriman uang dari tanah air. Beberapa bulan terpaut dari pengesahan UU ITE, awal 2008, pemilik account PayPal sudah dapat menarik uang melalui rekening bank di Indonesia. Bila dulu PayPal mensyaratkan pengguna jasanya memiliki kartu kredit, kini beberapa kartu debit yang dikeluarkan oleh bank di dalam negeri sudah dapat diterima.

Jasa transaksi keuangan online yang didirikan di San Jose, California, pada 1998 ini telah melayani lebih dari 153 juta nasabah yang tersebar di seluruh dunia. Keliru, bila ada yang berpikir bahwa perusahaan yang diakuisisi eBay pada 2002 ini menjadi pesaing atau menggantikan fungsi bank, dan perusahaan kartu kredit. Sebaliknya, lalu-lintas transaksi antara merchant dengan bank dan perusahaan kartu kredit justru semakin besar, setelah kehadiran PayPal. Alih-alih mengubah cara berinteraksi antara merchant dengan bank dan perusahaan kartu kredit, PayPal bertindak sebagai perantara atau penengah.

Anggaplah Anda berbelanja di toko menggunakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank A. Toko tempat Anda berbelanja menerima pembayaran Anda melalui rekening dari bank B. Ketika kartu kredit Anda digesekkan ke mesin EDC toko, bank A akan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank B melalui jaringan kartu kredit C.

Aliran dana (disebut interchange) dari bank A ke bank B melalui jaringan C ini tidaklah gratis. Ada sejumlah biaya yang dibebankan kepada merchant untuk ketiga pihak yang terlibat (A, B, dan C). Itulah mengapa untuk transaksi kartu kredit di toko-toko kecil (yang tidak mampu memenuhi target transaksi minimal perbulan yang ditetapkan oleh bank merchant), Anda biasanya dikenakan biaya (surcharge) 3%.

Lantas, di mana peran PayPal? Kedua belah pihak (penjual dan pembeli) telah sepakat menggunakan jasa PayPal sebagai perantara dengan menyerahkan data rekening bank atau kartu kredit mereka. PayPal menangani seluruh transaksi dengan berbagai bank dan perusahaan kartu kredit, serta menanggung semua biaya interchange.

Sebagai timbal baliknya, PayPal memungut bayaran dari setiap transaksi yang terjadi di antara nasabahnya. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan keuntungan dari bunga uang yang tersimpan di account PayPal. PayPal juga meraup untung dari transaksi antarmata uang (misalnya dari dollar ke rupiah, dan sebaliknya) yang terjadi di antara nasabah mereka.

Mengirim Uang

Lebih dari 70% penjual pada website lelang eBay menggunakan PayPal sebagai opsi pembayaran. Satu kunci kesuksesan PayPal adalah kemampuannya mengembangkan pelayanan di luar eBay. Anda bisa mengirimkan uang kepada teman, menyumbang pada lembaga-lembaga amal, atau membeli barang dari merchant online melalui PayPal.

Jika Anda ingin menyumbangkan sejumlah uang kepada lembaga amal dengan menggunakan PayPal, prosesnya sama. Anda hanya membutuhkan alamat e-mail lembaga amal tersebut atau mencari tombol pada website mereka yang memungkinkan Anda mengirimkan uang secara langsung. Perbedaannya hanya terdapat pada entri “Category of Purchase” di halaman pembayaran PayPal.

Pilih “Service” pada kategori pembayaran. Sumbangan Anda akan disampaikan ke rekening lembaga amal tersebut, tanpa dikenakan biaya apapun dari PayPal. Anda juga dapat berbelanja di merchant online non-eBay yang telah menggunakan jasa PayPal. Pilihan PayPal sebagai metode pembayaran (payment method) pada halaman check out. Sesaat kemudian halaman login PayPal akan tampil. Setelah login, Anda dapat mengirimkan sejumlah uang kepada merchant tersebut untuk menyelesaikan transaksi.

Apa untungnya bertransaksi menggunakan PayPal? Jawabannya adalah keamanan. Dengan menggunakan PayPal sebagai perantara, Anda tidak perlu memasukkan nomor kartu kredit di merchant-merchant online. Biarkanlah informasi kartu kredit Anda tersimpan aman dalam account PayPal.

Menerima Pembayaran

Merchant yang ingin menggunakan PayPal untuk menerima pembayaran online memiliki banyak opsi. Website merchant yang sederhana cukup memberikan alamat e-mail kepada calon pembeli; selanjutnya calon pembeli akan mengirimkan kepada pemilik e-mail tersebut yang terdaftar di PayPal. Penjual pada website eBay dapat meletakkan tombol PayPal pada halaman lelang mereka, dan pemenang lelang akan dikirim link untuk melakukan pembayaran via PayPal.

PayPal juga menyediakan layanan ekstensif untuk merchant online. Sebelum adanya layanan seperti PayPal, seseorang yang ingin menerima pembayaran kartu kredit secara online harus membuat account merchant pada perusahaan kartu kredit. PayPal memecah kebuntuan ini.

Merchant yang medaftarkan account Business dan Premier pada PayPal dapat menggunakan tombol Buy Now, shopping cart PayPal, atau opsi untuk pendaftaran account baru, dan mendapatkan bayaran sebagai referral. Untuk melakukan itu semua, merchant hanya diminta untuk mem-paste sedikit kode HTML yang disediakan PayPal ke dalam source website mereka. Selanjutnya, transaksi sepenuhnya akan ditangani secara aman oleh PayPal.

Sumber: Tabloid PCMild

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus