Anda berencana mengganti ponsel dalam waktu dekat, dan telah memutuskan tipe ponsel yang akan dibeli? Tunggu dulu! Jangan terburu-buru belanja ponsel baru, sebelum membaca artikel kali ini, atau Anda akan menyesal.

Sebelum membeli ponsel baru, pastikan di dalamnya tertanam fitur Wi-Fi (Wireless Fidelity) dan SIP (Session Initiation Protocol). Dengan kedua fitur tersebut, Anda dapat melakukan dan menerima panggilan VoIP semudah menggunakan ponsel biasa.Saat ini, ketika ponsel Anda menyala, ia secara otomatis mencari sinyal dari salah satu operator selular. Di masa yang akan datang, saat ponsel Anda menyala, ia akan mencari sinyal Wi-Fi yang menghubungkannya dengan Internet.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan dan menerima panggilan VoIP langsung dari ponsel Anda. Yang dibutuhkan hanyalah terhubung dengan salah satu provider VoIP, yang akan memberikan nomor identitas unik, seperti halnya alamat e-mail yang Anda miliki saat ini.

Dari PC ke Handset

Saat ini terdapat dua standar yang banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi VoIP (Voice over Internet Protocol), yakni H323 yang dikembangkan oleh International Telecommunication Union (ITU), dan SIP, standar baru yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Popularitas SIP semakin melonjak ketika standar ini dimasukkan sebagai fitur dalam handset-handset high-end mutakhir.

SIP adalah sebuah protokol signalling pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri sebuah sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi audio, video, atau text.

SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan fondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lain untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Transport Protocol) untuk transfer data secara real time, dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendeskripsikan sesi multimedia, dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network) atau yang dikenal sebagai telepon rumah.

VoIP, yang juga dikenal dengan sebutan Internet Call, selama ini identik dengan aktivitas melakukan dan menerima panggilan dengan PC sebagai terminal akhirnya. Misalnya voice chat yang dilakukan via Skype dan Yahoo! Messenger. Namun, setelah fitur Wi-Fi dan SIP diintegrasikan dalam handset, Internet Call dapat dilakukan secara mobile, persis seperti menggunakan ponsel biasa.

Pengguna ponsel dengan fitur Wi-Fi dan SIP dapat memilih menggunakan jaringan selular atau Internet Call, saat akan melakukan panggilan telepon selama berada dalam area hotspot dan terhubung dengan Internet. Ke depan, VoIP tidak lagi identik dengan panggilan dan penerimaan telepon dari PC ke PC, melainkan sudah dapat dilakukan secara mobile antar-handset, yang disebut dengan mobile VoIP.

Keuntungan Mobile VoIP

Jika dibandingkan dengan modus panggilan dan penerimaan telepon tradisional (di dalamnya termasuk selular), Mobile VoIP memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Anda dapat melakukan dan menerima panggilan telepon di manapun Anda berada, selama handset dapat terhubung dengan Internet atau berada di area hotspot (menggunakan Wi-Fi, WiMAX [Worlwide Interoperability for Microwave Access], WiBro [Wireless Broadband – WiMAX yang dikembangkan secara mandiri oleh beberapa provider telekomunikasi di Korea Selatan]).
  • Anda memiliki satu nomor akses yang tidak berubah di manapun Anda berada (baik di dalam atau di luar kota, di dalam atau luar negeri). Dengan kata lain, mobile VoIP tidak mengenal istilah “roaming”.
  • Anda tidak perlu khawatir dengan pembengkakan biaya penggunaan telepon, karena Anda hanya dikenakan biaya koneksi ke Internet (bahkan di beberapa tempat, akses Wi-Fi diberikan secara cuma-cuma), dan biaya berlangganan fitur mobile VoIP yang bervariasi atau bahkan cuma-cuma.
  • Anda dapat berkomunikasi dengan lebih nyaman, karena kualitas suara mobile VoIP tidak kalah dibandingkan telepon selular dan telepon rumah atau PSTN.
  • Anda dapat melakukan aktivitas online lainnya seperti bertukar file, chatting, video call, dan lain-lain karena SIP tidak hanya dapat digunakan untuk mentransfer data suara saja, melainkan juga data-data digital lainnya.
  • Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan panggilan telepon ke manapun dan kapanpun, seperti halnya pada telepon rumah atau selular konvensional. Anda dapat melakukan panggilan telepon dengan biaya yang sangat murah atau bahkan gratis.

Melihat kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh mobile VoIP di atas telepon konvensional, bukan tidak mungkin apa yang pernah menimpa operator layanan radio panggil atau pager juga akan menimpa operator selular. Tanpa antisipasi dan perencanaan yang matang, kehadiran teknologi baru dapat menghapus ketergantungan terhadap teknologi lama.

sumber: Tabloid PCMild

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus