Apa itu HTML5 ?? HTML5 adalah standar terbaru dari bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Language). Sedangkan versi atau standar HTML yang digunakan sekarang adalah HTML 4.01. HTML5 bertujuan untuk mengurangi kebutuhan pemakaian plug-in yang berbasis aplikasi Internet yang kaya (RIA) teknologi seperti Adobe Flash, Microsoft Silverlight, dan Sun JavaFX.

Intinya adalah jika dulu untuk memutar video, musik, dan konten-konten lainnya kita harus menginstal plugin, add-on atau progran tambahan seperti flash player atau silverlight, maka dengan HTML5 kita bisa menjalankan konten-konten tersebut tanpa tambahan lagi. Beberapa video di Youtube bahkan sudah dapat diputar tanpa flash player di Google Chrome terbaru.

HTML5 juga akan mendukung penuh Semantic Web dan Web 3.0. Ada banyak lagi fungsi dan hal yang bisa dilakukan dengan HTML5 ini. Yang pasti para developer web akan sangat dimudahkan. Beberapa referensi dan penjelasan terperinci dari HTML5 ini dapat Anda baca di:

http://www.navinot.com/2009/10/16/apa-saja-isi-html-5/
http://teknoinfo.web.id/selamat-datang-html-5
http://my.opera.com/fajarmubarok/blog/show.dml/5933451

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus