Anda pasti sering mengeluh.

Ya, entah di twitter, facebook, atau social media lainnya. Bukan cuman di internet sebenarnya. Hidup kita memang dipenuhi dengan keluhan. Cuman karena sekarang adalah zamannya teknologi internet, zamannya social media, maka ‘hobi mengeluh’ itu dapat tersalurkan dengan sukses di media-media macam blog, twitter, facebook, dsb.

Mengeluh itu tentu ada penyebabnya. Dan penyebabnya kebanyakan adalah masalah. Nah, Anda perlu tahu bahwa kebanyakan permasalahan yang kita alami itu sebenarnya bersumber dari diri sendiri.

Ga percaya?

Oke, salah satu contohnya gini, misalkan saja Anda mengeluh karena sakit, ya penyebabnya jelas karena sakit. Nah, Anda sakit pasti karena kesalahan Anda sendiri. Tentunya di luar jika terkena virus atau kecelakaan. Kita sering lalai dalam menjaga kesehatan, lalai dalam mencegah penyakit. Anda sudah tahu kalau Anda kolesterol, tapi tetap aja makan-makanan yang berminyak, mengandung lemak. Kalau tekanan darah Anda naik drastis, dan Anda tida-tiba tidak sadarkan diri. Salah siapa?

Saat rapat, atau ada pertemuan, orang-orang akan sangat terganggu jika Anda bolak-balik ke toilet. Anda sudah tahu kalau Anda tipe orang yang ‘bocor’ ~sering sekali ke toilet~ tapi Anda tetap banyak minum. Salah siapa?

Saat rapat (lagi), orang-orang juga akan terganggu jika tiba-tiba ringtone ponsel Anda mendadak terdengar nyaring karena Anda tidak mengaktifkan silent mode. Anda ditegur. Salah siapa?

Anda sering mengeluh pekerjaan tidak selesai-selesai. Tapi update status di Facebook jalan terus. Salah siapa?

Mungkin masalah-masalah kecil yang Anda alami tidak saya bahas di sini. Hal-hal di atas hanya sebagai contoh. Tangkaplah maknanya. Sebisa mungkin, minimalkan masalah!! Pepatah mengatakan: lebih baik mencegah daripada mengobati.

Tapi jika masalah sudah terjadi, secepat mungkin selesaikan masalah tersebut. Jangan ditunda-tunda. Ini juga bagian dari me-minimalkan masalah. Dan saat Anda berhasil me-minimalkan masalah tersebut, keluhan-keluhan akan berganti dengan ucapan syukur. :)

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus