Kali ini saya akan ngeposting sesuatu yang berbau rohani. Hehe.. Yah, agama saya memang Kristen, tapi posingan ini kayaknya cocok aja deh dengan semua agama dan kepercayaan.

Dalam agama, kita mempercayai adanya ‘sesuatu’ yang mengatur semuanya. Mulai dari menciptakan, sampai sekarang, bahkan nanti. ‘Sesuatu’ yang kita panggil ‘Tuhan’.

Nah, hampir semua agama dan kepercayaan mengajarkan kita untuk berdoa kepada Tuhan. Siapapun Tuhannya. Berdoa untuk kesuksesan, jodoh, umur panjang, dan sebagainya. Kita menaikkan semua keinginan, permintaan dan harapan kita tersebut dalam doa kepada Tuhan, karena kita percaya bahwa Tuhan mampu memberikannya.

Satu hal menarik yang saya dapatkan saat ibadah youth sekitar 2 minggu yang lalu, bahwa Tuhan itu mengerjakan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan.

Ya, saya pun setuju dengan hal ini. Sayangnya banyak orang (beragama) yang entah belum mengetahui, atau belum mengerti tentang hal ini. Mereka malah berdoa atau menaikkan permohonan tentang sesuatu yang sebenarnya bisa mereka dapatkan sendiri.

Maksud saya begini. Seorang petani tidak mungkin berdoa agar Tuhan memberikan hasil panen yang bagus kalau dia tidak berusaha apa-apa. Seorang petani yang bekerja keras mulai dari membersihkan sawah, menanam, sampai merawat padi, pasti akan mendapatkan hasil panen yang bagus. Ya jika cuaca juga mendukungnya. Nah, karna kita tidak bisa mengatur cuaca, karena itulah kita berdoa kepada Tuhan agar cuacanya baik.

Intinya adalah, berdoa atau mintalah kepada Tuhan jika kita memang sudah berusaha keras. Kita sudah memberikan yang terbaik. Kalau kita berdoa meminta sesuatu tanpa melakukan apa-apa, menurut saya juga pasti sia-sia.

Ga peduli apa agamamu, mari kita meminta kepada Tuhan sesuatu yang memang pantas untuk diminta. 🙂

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus