Saya pernah menulis tentang makna hidup di postingan Being Superhero. Saya juga pernah menulis sedikit tentang Tujuan Hidup. Nah kali ini saya ingin kita semua melihat apa itu makna hidup dari sisi lain. Ini adalah kompilasi tweet dari Pak Ioanes Rakhmat tentang makna hidup.

  1. Humans are animals in search of meaning.
  2. Sekian teman bertanya pd saya, Apa itu makna hidup dan bagaimana hidup yg bermakna itu.
  3. Setiap orang tentu bebas memberi isi pada frasa “makna hidup”.
  4. Menurut anda, jika seseorang bunuh diri, apakah tindakannya ini berarti bhw dia tak menemukan makna hidup buat dirinya.
  5. Pendek kata, seseorang bunuh diri krn orang ini melihat hidupnya tak bermakna.
  6. Jika dibalik, seseorang tak akan bunuh diri jika dia melihat hidupnya bermakna.
  7. Jika demikian, makna hidup adalah sesuatu yg membuat seseorang bergairah menjalani kehidupannya, sesuatu yg sangat bernilai baginya.
  8. Makna hidup adalah sesuatu yg membuat seseorang melihat kehidupannya punya maksud dan tujuan yg sangat perlu dicapai, karena bernilai.
  9. Kalau seseorang melihat hidupnya bernilai, punya maksud dan tujuan, maka hidupnya itu bermakna.
  10. Jika anda seorang ibu, anda menemukan kehidupan anda bermakna kalau anda bisa memberi yg terbaik buat anak-anak anda.
  11. Merawat, membesarkan dan mendidik anak-anak anda, anda pandang sebagai maksud dan tujuan kehidupan anda– dus, hidup anda bermakna.
  12. Merawat, membesarkan dan mendidik anak-anak anda, anda lihat sebagai aktivitas yg bernilai– dus, hidup anda bermakna.
  13. Makna hidup itu akan anda peroleh dan rasakan ketika anda sadar penuh apa yg menjadi maksud dan tujuan kehidupan anda.
  14. Jadi, makna hidup itu punya dua arah atau dua orientasi: ke dalam diri anda dan ke luar diri anda.
  15. Ketika anda melihat hidup anda punya nilai dan punya maksud dan tujuan, makna hidup tinggal dlm diri anda.
  16. Tapi kehidupan yg bermakna juga berdampak pd orang-orang yg berada di luar diri anda, di sekitar anda.
  17. Orang yg mengalami bhw hidupnya bernilai, bhw dia punya maksud dan tujuan hidup yg jelas, adalah orang yg memandang hidupnya bermakna.
  18. Orang yg melihat hidupnya bernilai, punya maksud dan tujuan yg jelas, akan bergairah dan happy dlm menjalani kehidupannya.
  19. Orang yg bunuh diri adalah orang yg menemukan kehidupannya tak bernilai, dan tak punya maksud dan tujuan yg jelas dg kehidupannya.
  20. Apa yg saya baru tulis ttg makna hidup berlaku dlm kehidupan sehari-hari yg normal, yg masuk akal sehat.
  21. Tapi ada juga orang yg melihat hidupnya bermakna kalau dia melakukan hal-hal yg tidak normal atau tidak masuk akal sehat.
  22. Para pejihad yg melakukan terorisme bom bunuh diri untuk membunuh sangat banyak orang, ada dalam wilayah yang tidak normal.
  23. Para pejihad memegang sebuah logika yg tidak masuk common sense ketika mereka mau membuat hidup mereka bermakna.
  24. Para pejihad mengejar makna hidup yg terletak di luar dunia, dan mengabaikan makna hidup dlm dunia skrg ini.

Setelah membaca tulisan ini saya mengharapkan kita semua untuk merenungkannya sejenak. Apa makna hidupmu? Apa yang membuat hidupmu bermakna?

Semoga bermanfaat. 🙂

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus