Download Subtitle Film

Saya yakin kebanyakan dari teman-teman suka nonton. Entah itu di bioskop, DVD/VCD, atau film hasil download-an. Nah, yang terakhir ini yang sering jadi kontroversi. Nonton di bioskop atau DVD/VCD original jelas aman karna legal. Tapi download film itu (hampir semuanya) ilegal. Kenapa ilegal, karna film-film yang tersedia di internet untuk kita download biasanya adalah bajakan. Entah hasil rekaman di bioskop, maupun hasil rip dari DVD/Blueray original. Teman-teman perlu tahu, meng-copy film DVD original milik kita sendiri ke komputer milik kita sendiripun sudah termasuk pembajakan.

Yang bener?

Tentu saja. Emang ga semua sih, tapi kebanyakan emang begitu. Silakan cari sendiri undang-undangnya di google. :D Dan saya bisa bilang, kebanyakan kita adalah pembajak. Ya, pembajak. Saya jadi ingat sebuah tulisan bagus yang saya temukan saat browsing: Makan Siang dan DVD Bajakan.

Sebelum melanjutkan, saya sarankan membaca tulisan tersebut terlebih dahulu. Baca juga komentar-komentar yang ada.

Sudah?

Oke, jadi saya rasa kita ga perlu diskusikan lagi tentang masalah bajak-membajak ini. Silakan cari pembenaran masing-masing. :ngakaks

Kembali ke topik awal. Saat Anda mendownload film-film ini, atau meminta dari teman Anda yang sudah mendownloadnya, biasanya ada satu file tambahan selain file video film. Dan file itu adalah subtitle film atau teks terjemahan dari film tersebut. Jika tidak ada file subtitlenya, maka biasanya film-film itu tidak akan ada terjemahannya.

Agar subtitle ini bisa muncul di film, maka nama file dari video film dan subtitlenya harus sama, dan diletakkan di folder yang sama.

Nah, bagi teman-teman yang sudah memiliki file filmnya namun bingung harus mencari di mana, ini saya kasih beberapa link blog yang menyediakan subtitle-subtitle film berbahasa indonesia.

Sukair
Rehmoe Ef

Jika subtitle yang teman-teman cari tidak ada di sana, teman-teman bisa mencarinya di Subscene, atau FindSubtitles.

Di beberapa web mungkin teman-teman ada menemukan subtitle yang kreditnya “Subtitle By Togap”. Nah, itu adalah subtitle yang saya upload. Sayangnya saya udah lama ga translate subtitle lagi. Kebanyakan subtitle itu sekarang hanya revisi dari subtitle-subtitle yang sudah ada. Entah itu koreksi terjemahan, maupun resync karna ga pas dengan versi film yang saya punya.

Harap baca lagi ya, saya ga pernah nyebut subtitle-subtitle itu murni terjemahan saya. Ralat, ada beberapa sih yang emang murni saya terjemahkan. Ada beberapa juga yang saya ekstrak dari DVD originalnya. Dan subtitle-subtitle lainnya adalah subtitle versi saya. Mohon dibaca sekali lagi, subtitle versi saya.

Saya orangnya emang agak perfeksionis (halah…). Jadi kalo timingnya ga pas, atau ejaannya kurang pas, biasanya saya ganti jadi versi saya. Jelas sih masih banyak kekurangan, tapi kalo udah jadi versi saya, saya lebih enjoy nontonnya.

Saya ngaku salah sih karna seenak perut ganti kreditnya, tapi ya itu adalah subtitle versi saya sendiri. Saya cuman iseng, sekalian nyimpan subtitle versi saya itu di internet. Jadi kalo file-file yang ada di komputer saya suatu saat hilang atau error, saya masih punya backupnya, yaitu yang saya upload. Yang mau protes atau ga terima silakan saja. Tapi saya akan konsisten dengan ‘kejahatan’ saya itu. :D

Sayangnya diskusi-diskusi tentang hal-hal ini menurut saya ga akan ada habisnya. Kita punya pandangan dan prinsip masing-masing. Jadi ya kembali ke masing-masing pribadi kita. Yang pasti setiap pendapat, entah itu benar atau salah perlu kita hargai.

Saran saya sendiri, kalo emang punya rejeki, nonton di bioskop ato beli lah DVD originalnya. Kalo ngga, silakan aja download film-filmnya. Jangan lupa, nyari subtitlenya di blog-blog di atas ya. ;)

Catatan: Jujur aja saya agak kurang nyaman saat menulis ini. Tapi ya inilah yang ada di kepala saya. Mau pro atau konta terserah teman-teman. Kita sudah cukup dewasa kok untuk menyerap semua konten yang ada di dunia maya, termasuk tulisan ini.  :)

Tulisan saya ini diilhami oleh diskusi kecil saya dengan mas rehmoe di subscene.

Incoming search terms:

cara mengcopy dvd ke laptop dengan subtitle

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus