Menurut beberapa sumber yang pernah saya baca di internet, jumlah pengusaha di Indonesia masih terbilang rendah. Kebanyakan masih lebih memilih untuk jadi ‘anak buah’, ketimbang jadi bos.

Belum lagi kalau di daerah-daerah yang bukan kawasan industri. Orang-orang lebih memilih jadi PNS karna terjamin. Well, saya pribadi termasuk orang yang tidak keberatan kerja untuk orang (baca: jadi karyawan/pegawai). Tapi saya juga punya keinginan untuk mempunyai usaha sendiri, sehingga saya tidak tergantung pada gaji yang didapat sebulan sekali.

Nah, ini dia intinya. Apa problem utama orang-orang yang ingin memulai usaha?

Modal.

Ya, modal. Modal uang pastinya. Saya pernah membaca bahwa kita bisa memulai usaha tanpa modal sepeser pun. Ah, itu omong kosong. Kamu pergi ke mana-mana aja perlu biaya. Ya itu termasuk modal juga lah. Tapi saya setuju bahwa modal uang memang bukan modal yang utama.

Ada yang bilang bahwa modal utama adalah ide. Ah, saya sedikit tidak percaya. Dalam kepala ini banyak sekali ide, tapi toh sangat sedikit sekali yang bisa saya eksekusi. Modal ide itu penting, tapi kalau tidak dijalankan, ide hanya akan jadi ide semata.

Lalu apa? Menurut saya, modal utama yang harus dimiliki orang yang ingin memulai usaha adalah modal bicara! Bicara, ngomong, ngobrol, itulah modal utama yang wajib dimiliki. Saya kenal beberapa teman yang ga punya modal uang, ga punya modal ide, tapi usahanya bisa berjalan lumayan karna dia orang yang supel, pinter ngomong. Modal bicara ini jelas berkaitan dengan bagaimana kita membuat orang-orang menyukai kita, sehingga orang (yang punya modal uang & ide) akan percaya dan yakin kepada kita dan kemudian memodali kita.

So, udah punya modal?

image source: Google Image

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus