Happy Valentine’s Day, fren. Selamat hari kasih sayang.

Ucapan selamat ini tidak dikhususkan untuk orang-orang tertentu, tapi bagi kita semua. Ya, kita semua!

Saya tahu ada yang menganggap hari valentine itu haram. Ada juga yang beranggapan kalau itu adalah budaya barat, bukan budaya kita. Ada juga yang berkata bahwa 14 Februari itu sebenarnya perayaan kesuburan di Roma Kuno. Ada pula yang berkata “setiap hari adalah hari kasih sayang, jadi ga perlu ah ngerayain tanggal 14 Februari.”

valentine-setiap-hari

Ya, semua itu benar. Saya dulu juga menganggapnya demikian. Bahkan pendapat saya terhadap hari ulang tahun pun sama. Pikir saya: “toh setiap hari, bahkan setiap detik umur kita bertambah. Buat apa merayakannya setahun sekali?”

Saya kasih tau satu hal lagi: sesuatu yang kita sebut dengan “cinta” itu sebenarnya tidak lebih dari reaksi kimia dan hormon dalam tubuh kita. Nah loh. :)

Mungkin banyak yang menyanggah, tapi begitulah kenyataannya. Namun itu semua janganlah jadi alasan kita untuk tidak melakukan sesuatu. Kalau kenyataan bahwa cinta itu sebenarnya tidak seberharga yang kita bayangkan, maka buatlah itu jadi berharga. Kalau hari valentine itu kenyataannya memang tidak ada artinya, maka buatlah agar itu jadi berarti.

“Tapi gimana bisa ngerayainnya? Pacar aja ga punya.” :(

Tenang fren, jangan jadikan hari kasih sayang itu monopoli hanya bagi mereka yang telah memiliki pasangan. Terus gimana? Hei! Ada seseorang yang wajib kamu sayangi, cintai dan kasihi. Seseorang yang sudah menemanimu sejak lahir sampai sekarang, bahkan sampai ajal menjemputmu. Orang itu adalah orang kamu lihat di cermin. Ya, dirimu sendiri.

Bikin aja perayaan sendiri. Beli cokelat sendiri terus dimakan sendiri. Penuhi dirimmu dengan cinta sampai itu meluap, dan mau tidak mau kamu harus membaginya dengan orang lain. Mulailah dengan menegur dan mengucapkan happy valentine’s day pada teman-temanmu. Cokelat yang tadi awalnya kamu beli untuk diri sendiri, coba mulai bagikan ke sahabat-sahabatmu. Merayakan hari kasih sayang memang harus tiap hari. Tapi memiliki satu hari spesial dalam satu tahun sebagai simbol juga ga ada salahnya.

Happy Valentine’s Day and spread the love! Ada yang mau ngasih saya cokelat? ;)

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus