Di postingan sebelumnya, saya pernah menulis tentang kebosanan/kejenuhan yang saya alami. Itu secara personal. Dalam menjalin sebuah relationship pun, semua pasangan pasti pernah mengalami kejenuhan. Nah postingan kali ini, yang saya rangkum dari twitnya @lexdepraxis, akan membahas hal tersebut. Siapkan cemilan, secangkir kopi, dan… selamat membaca. :)

  1. normalkah mengalami kejenuhan dalam hubungan cinta? ayo simak, saya akan bahas #cintajenuh dan solusinya sampai tuntas..
  2. awalnya cinta panas menggebu-gebu, tp seiring waktu, byk pasangan yg mengaku, jadi dingin kaku.. normalkah begitu? #cintajenuh
  3. utk paham #cintajenuh, kamu perlu tahu bhw cinta awalnya menggebu-gebu itu sbnrnya krn unsur kimia tubuh yg bernama dopamine..
  4. saat pertama kali kenal dg gebetan, PDKT hingga kencan, kamu memulai sebuah ‘petualangan baru’ dengan ‘orang baru’.. #cintajenuh
  5. produksi dopamine dalam tubuh terpicu saat kita menjalani kegiatan yang sifatnya baru atau menegangkan.. #cintajenuh
  6. nah saat PDKT dan kencan itu, kita banyak sekali mengalami ‘hal yang baru’ dan ‘hal yang pertama kali’.. #cintajenuh
  7. mis. pertama kali bales-balesan mention, pertama kali DM, pertama kali ketemuan, pertama kali salaman, dsb.. #cintajenuh
  8. trus pertama kali kencan, pertama kali gandengan, pertama kali ciuman, pertama kali ke tempat X dan Y dsb.. #cintajenuh
  9. utk stiap kegiatan ‘baru pertama kali’ itu, kamu MENYALA BAHAGIA.. menganggapnya cinta, pdhl dopamine belaka. #cintajenuh
  10. nah inilah letak kesalahan byk orang, anggap cinta ditandakan dg rasa sensasi seru.. pdhl itu efek siraman dopamine. #cintajenuh
  11. jika hubungan itu meningkat hingga seks, tubuh akan produksi unsur oxytocin yg mbuat kamu LENGKET dg kekasih.. #cintajenuh
  12. dopamine membuat kamu TERTARIK dan HAPPY-HIGH dg kekasih, oxytocin membuat kamu TERIKAT dan BONDING dg kekasih.. #cintajenuh
  13. nah kombo dopamine-oxytocin itulah yg sbenernya PEREKAT dlm hubungan cinta.. alias kombo itu bernama cinta. #cintajenuh
  14. pasangan yg alami #cintajenuh biasanya bukan ga-sayang lagi satu sama lain.. tapi cuma ngerasa ada sesuatu yg kurang. #cintajenuh
  15. nah skg kamu jd ngerti ‘kan apa yg kurang: oxytocin stabil (jika dijaga tetap intim), tp dopamine-nya deficit.. #cintajenuh
  16. coba jujur deh, kl udah lama pacaran/menikah biasanya pada MALES utk kreatif dan menantang satu sama lain.. #cintajenuh
  17. makanya saya slalu blg pacaran/menikah itu BUKAN ttg membahagiakan satu sama lain.. tapi ttg berpetualang bersama! #cintajenuh
  18. #cintajenuh terjadi krn kamu dan pasangan terlalu sibuk menjaga kestabilan dan membahagiakan hati satu sama lain..
  19. sharusnya kl udah ada pasangan, kamu dan dia bs berkolaborasi slg menantang & meningkatkan kualitas diri.. #cintajenuh
  20. perhatikan kegiatan hub kamu & dia.. kl slalu ngulang gitu-gitu aja, ya ga heran jadi defisit dopamine alias #cintajenuh !
  21. hubungan cinta emg perlu kestabilan dan rutinitas, tapi sesekali perlu kamu modifikasi agar tidak terkena #cintajenuh
  22. dopamine dipicu petualangan, tantangan, permainan, & apapun yg baru.. kapan trakhir kali itu ada dlm hub kamu? #cintajenuh
  23. #cintajenuh adl celah utk selingkuh.. krn pasangan dpt injeksi dosis dopamine dari ‘petualangan’ dg ‘lawan main baru’.
  24. smakin ada ‘tantangan’ & ‘mainan baru’ di luar hubungan, smakin kamu mrasa hubungan itu jenuh tidak memuaskan.. #cintajenuh
  25. jd apa yg kamu en kekasih perlu lakukan agar tdk #cintajenuh? BERDUA coba-coba lakukan HAL BARU, minimal MEMODIFIKASI kegiatan..
  26. kamu & dia wajib memancing dopamine dlm tubuh masing-masing.. mis. coba bareng masak menu yang asing. #cintajenuh
  27. kl males masak-memasak, coba deh buat kombinasi jus buah yg unik khas kalian berdua.. kan tinggal blender aja tuh. #cintajenuh
  28. kalo kamu dan kekasih suka main games (console, komputer, dsb).. nah sering-sering deh main tanding, jangan satu tim! #cintajenuh
  29. ga suka masak dan main game? ya sudah, kamu dan dia keluar rumah deh keliling kota utk wisata kuliner yg aneh-aneh.. #cintajenuh
  30. trus juga kalo punya duit berlebih, luangkan waktu utk short vacation dg pasangan.. itu obat manjur utk #cintajenuh!
  31. masih ada seegudang solusi lainnya utk #cintajenuh.. intinya adl menyelipkan permainan, tantangan, dan hal-baru dlm hubungan!
  32. gimana dengan yang LDR spy ga #cintajenuh? sering-sering coba app baru utk komunikasi.. jangan pake Skype aja!
  33. kalo LDR, mesti rajin nyari online games baru spy ga #cintajenuh.. mis. skg lg heboh Draw Something, add saya lexdepraxis yah! :D
  34. satu lagi yg terpenting di LDR, agar tidak terjangkit #cintajenuh.. KURANGI interaksi rutin dg lawan jenis lain, KURANGI!
  35. gmn kl kekasih tau alamin #cintajenuh tp dia ga mau lakuin hal-hal tadi? putusin aja.. itu Hal Baru ‘kan buat dia. :p
  36. sekali lagi, scr simplistik cinta adl combo dopamine+oxytocin.. nah #cintajenuh biasanya krn kekurangan unsur dopamine.
  37. #cintajenuh itu BUKAN krn kamu mati rasa.. tp justru krn kamu TERLALU SERIUS cinta-cintaan sampe lupa berpetualang bersama.
  38. demikianlah sharing singkat saya tentang #cintajenuh.. thank you udah ikutan dan sebarin ke teman-teman. :)

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus