Saya lagi males nulis. Tapi pengen tetep ngeblog. Jadi saya share kompilasi tweet-tweet yang bagus aja dari twitternya @lexdepraxis. :D Kali ini topiknya tetep tentang cinta. Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak semua pria. Ehm, maksud saya, bahwa sesungguhnya cinta itu harus menggunakan logika juga. Penasaran? Mari dibaca dulu…

  1. orang yg bilang, “Cinta itu misteri di luar logika” adl orang yg MENYANGKALI dan MERENDAHKAN inteligensianya sendiri..
  2. karena PENYANGKALAN dan PEMBODOHAN DIRI itulah banyak orang yang jadi ‘korban’, ‘sakit’, dan ‘terluka’ dalam percintaan..
  3. pdhl jika BERANI ikutsertakan LOGIKA dalam bercinta, kamu bs thindar dari luka manipulasi diri sendiri dan orang lain..
  4. sadari cinta TIDAK pernah terjadi mendadak begitu saja, melainkan salah satu fase dari sebuah proses yg sgt linear..
  5. secara simplistik, inilah pola kebangkitan cinta: TERGODA (seduced) → TERPIKAT (suka) → TERIKAT (sayang/cinta)..
  6. TERGODA (seduced) adl fase pertama yg terjadi TANPA SADAR: seseorang scr otomatis ‘klik’ dg obyek yg mempesona..
  7. godaan diproses oleh alam bawah sadar, terhubung dg reaksi biokimia tubuh dan peta psikologis yg tertanam diri..
  8. CintaPadaPandanganPertama adl bahasa sehari-hari utk fase TERGODA ini.. murni timbul krn ketertarikan/pesona visual!
  9. kita otomatis tertarik pd orang lain yg terlihat produktif sehat, memiliki status, dan memberi emosi yg menyenangkan..
  10. knp tergoda hal tsb? krn kita semua terprogram scr genetik utk semaksimal mungkin memastikan keberlangsungan diri..
  11. dan hal-hal tersebut merupakan ‘kode-kode alam’ untuk menjamin sebuah masa depan yang aman dan nyaman..
  12. jd pada awal stiap hubungan, kita TERGODA akan hal-hal yang menjamin keberlangsungan genetik kita di dunia ini..
  13. nah dlm hal tersebut, kita manusia serupa dg misi hidup flora/fauna.. yakni bertahan hidup dan bermultiplikasi.
  14. namun krn kita adl makhluk tertinggi yg diberikan akal budi, seiring usia jaman kita terus berusaha MEMANUSIAKAN diri..
  15. hingga timbullah istilah Cinta sbg karya cipta manusia agar kita tlihat berbudaya en menjauh dr asosiasi kebinatangan..
  16. rasanya ‘ga berbudaya’ kl bilang “Aku tergoda kamu”.. shg kita terbiasa memaniskannya jadi, “Aku jatuh cinta padamu.”
  17. istilah ‘jatuh cinta’ itu hanya ameliorasi dan romantikalisasi dari fase pertama, krn ‘tergoda’ itu kesannya ‘buruk’..
  18. istilah Cinta muncul krn sepanjang jaman kita BERUSAHA KERAS utk MEMBUDAYAKAN, MENYEMPURNAKAN dan MEMANUSIAKAN diri..
  19. tp sayangnya justru istilah Cinta itu jugalah yang sering membuat kita jadi jatuh, tersandung, dan terluka sendiri..
  20. mis. wanita sering ‘tertipu’ pria yang mengaku CINTA padahal baru saja PDKT, kenalan, dan bertemu beberapa kali..
  21. mis. pria sering ‘tertipu’ wanita yg mengaku sikap baik+serius+tanggungjawab bisa membuatnya JATUH CINTA..
  22. mis. wanita sering ‘termanipulasi’ dirinya sendiri yg merasa JATUH CINTA pada seorang pria yg sudah punya kekasih..
  23. mis. pria sering ‘termanipulasi’ dirinya sendiri yg merasa lebih CINTA selingkuhannya daripada kekasihnya..
  24. ‘penipuan dan manipulasi’ tsb membuat seiring pertambahan usia, urusan Cinta jadi rumit, penuh drama, luka dan trauma..
  25. kemunculan istilah Cinta jadi mengaburkan/mengacaukan pemahaman kita akan fase pertama dalam hubungan, yakni TERGODA..
  26. tidak ada perasaan yang intens saat fase TERGODA ini, kamu hanya merasa ‘klik’ dan ‘hasrat’ thd obyek yg mempesona..
  27. ketertarikan di fase ini sangat rendah, jd kamu BISA tergoda pd BANYAK OBYEK.. sedangkan cinta/sayang tidak bisa banyak.
  28. kamu TIDAK bisa cinta/sayang pada banyak obyek, krn itu adl perasaan yg sangat terikat dg waktu dan intensitas..
  29. walau demikian, skalipun kamu cinta/sayang pada kekasih, kamu memang tetap bisa TERGODA pada obyek mempersona lainnya..
  30. tp sadari bhw itu cm godaan dr program genetik kamu, bukan cinta.. jadi jgn turuti, jgn rusak hubungan cinta kamu!
  31. orang sering MENGHANCURKAN hub pacaran/pernikahannya krn dia TERTIPU bhw dia menemukan cinta yang lebih baik/indah..
  32. mereka pikir apa yg dirasakan itu adalah CINTA, padahal hanyalah GODAAN fisik/genetik belaka yg memang alamiah terjadi..
  33. semakin meladeni KETERGODAAN itu, semakin mereka tergiring dan tersedot masuk ke fase berikutnya, yakni TERPIKAT..
  34. oke, sekarang sharing Cinta Dengan Logika saya lanjutkan lagi ke bagian fase kedua, yaitu fase TERPIKAT (suka)..
  35. TERGODA (seduced) adl fase pertama yg tjadi TANPA SADAR: seseorang scr otomatis ‘klik’ dg obyek yg mempesona..
  36. lalu TERPIKAT (suka) adl fase kedua saat seseorang SADAR bhw dia ada minat/ketertarikan khusus pada obyek afeksinya..
  37. di tahap kedua ini, ketertarikan seseorang pd obyeknya bukan cuma hasrat alam bawah sadar, tp juga SADAR dan BERALASAN..
  38. kamu bisa menjelaskan KESUKAAN kamu thd obyek afeksi, mis. krn dia baik, pintar, lucu, hangat, bisa dipercaya, dsb..
  39. di fase TERPIKAT ini bahkan biasanya sang gebetan juga bisa mengaku menyukai kamu dan menjelaskan berbagai alasannya..
  40. tapi hati-hati, jangan tertipu.. hanya krn seseorang TERPIKAT pada kamu BUKAN BERARTI dia BERMINAT utk jd kekasih kamu!
  41. hanya krn kamu suka pada sikap/sifat seseorang, tidak scr otomatis kamu MENGINGINKANNYA sebagai pasangan kamu, ‘kan?
  42. sama seperti saya suka dg iPad, tapi saya sama sekali TIDAK berminat untuk membelinya.. suka belum tentu butuh dan mau.
  43. atau misalnya saya SUKA Rianti Cartwright, tp saya tdk tertarik utk jd kekasih krn saya LEBIH SUKA yg cabbi yammi spt Audy..
  44. jd TERPIKAT ini juga majemuk thd byk obyek.. rasa suka yg timbul beragam alasan, spt nyambung, nyaman, percaya, peduli, dsb.
  45. kita suka seseorang dg kepentingan yg beda: sbg teman, sbg rekanbisnis, sbg selingkuhan, sbg penasihat, sbg pacar, dsb..
  46. nah orang yang kita sukai selalu kita kotak-kotakkan sukai sesuai motif/kepentingannya, dan kotak ini JARANG berubah..
  47. sekali kita mengkotakkan ALASAN/MOTIF kesukaan thd seseorang, KECIL kemungkinan orang itu bs pindah ke kotak lainnya..
  48. itu sebabnya kl kamu sudah terlanjur disukai gebetan sbg sahabat, SULIT SEKALI kamu dianggapnya sbg calon kekasih..
  49. artinya orang yg mendadak menolak ajakan dan menjauh darimu, itu TIDAK GUNA kamu pepet dan gebet terus menerus..
  50. artinya orang yang sudah menyukaimu sbg sahabat/kakak/adik, itu TIDAK BISA kamu kotak-katik agar jadi suka sbg pacar..
  51. bolehkah brusaha keras mpesona/memikat orang yg tdk suka agar jd suka padamu? silakan saja kalau mau capek n repot..
  52. kenyataannya ada BANYAK orang lain yg sudah SIAP TERGODA+TERPIKAT padamu.. knp buang-buang waktu dg org yg merepotkan?
  53. jauh lebih mudah memunculkan persahabatan dalam percintaan, daripada memunculkan percintaan dari persahabatan..
  54. jd kl kamu merasa CINTA saat PDKTin si dia, ingat itu cuma SUKA.. jgn paksakan diri, apalagi jika suka itu tdk berbalas.
  55. jgn tangisi cinta jika PDKT’an tidak responsif.. krn kamu sudah tertipu diri sendiri, tidak ada cinta-cintaan di saat PDKT!
  56. saat gebetan yg akrab tiba-tiba menjauhimu, itu bukan penolakan.. melainkan dia cuma sdh terlanjur menyukaimu sbg sahabat.
  57. jika demikian, berbesar hatilah krn kamu adl orang yg menyenangkan dan disukai orang lain.. itu adl modal & kebanggaan!
  58. tugas kamu adl lsg koleksi byk gebetan lainnya dan pastikan kali ini mereka TERGODA+TERPIKAT pd kamu scr romantika..
  59. inilah sebabnya saya slalu blg kamu BISA pacaran tanpa perlu nembak/nyatainperasaan.. krn dr awal sudah terpola demikian!
  60. lalu dari segudang gebetan yg baik itu, seleksilah satu kandidat yang TERBAIK untuk kamu fokuskan dalam berinteraksi..
  61. seiring smakin berfokus, dg sendirinya kamu MENGELIMINASI gebetan yg lain, dan akhirnya jd EKSKLUSIF alias Pacaran..
  62. hubungan eksklusif (pacaran) tentu memiliki syarat & ketentuan bhw kedua pihak wajib berinvestasi menjaga keharmonisan..
  63. investasi-investasi itu akan membuahkan rasa yg lebih kuat dari sekedar suka, yaitu fase ketiga: TERIKAT (sayang/cinta)..
  64. nah PDKT adl proses pendekatan massal, mencari obyek yg TERGODA dan TERPIKAT pada kamu utk kepentingan romantika..
  65. ingat: JGN HABISKAN WAKTU dg obyek yg tidak TERGODA+TERPIKAT padamu, skalipun kamu TERGODA+TERPIKAT mampus padanya..
  66. artinya orang yg bersikap dingin dan menyulitkan, itu TIDAK PERLU kamu pusingkan gimana cara meluluhkan tembok hatinya..
  67. artinya orang yg mendadak menolak ajakan dan menjauh darimu, itu TIDAK GUNA kamu pepet dan gebet terus menerus..

Bersambung ke part 2.

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus