Beberapa waktu yang lalu, ada seseorang yang bertanya di Twitter melalui akun @infoPLK (Informasi Palangka Raya). Dia bertanya di mana letak titik nol Palangkaraya.


Kemudian dibalas oleh akun @infoPLK:


Setelah itu, ada beberapa akun yang menanggapi, termasuk saya. :)


http://twitter.com/cha2riza/status/189662937634443264


Lalu dari beberapa jawaban tersebut, yang manakah yang benar? :)

Saya sempat Googling karna agak penasaran juga. Sudah lebih dari 15 tahun saya di Kota Palangka Raya, agak keterlaluan juga kalo saya tidak tahu. Saya mencari di Google dengan keyword ‘titik nol palangkaraya’, lalu saya coba telusuri beberapa search result-nya.

Nah, setelah saya cari tahu, ada beberapa kemungkinan, tergantung dari pertanyaannya, dan tergantung dilihat dari sisi apa. Kenapa saya bilang ‘kemungkinan’? Karna memang tidak ada info resmi dari pemerintah kota, atau pihak berwenang lainnya yang menyajikan informasi kota.

Oke, yang pertama, titik nol Palangka Raya, jika ditelusuri dari sejarahnya, terletak di tugu peletakkan batu pertama Kota Palangka Raya oleh Presiden pertama RI, Bung Karno. [sumber: Titik Nol Kota2 Besar di Indonesia (Kaskus)]

tugu-peletakkan-batu-pertama-palangkarayaYang kedua, orang-orang di Palangka Raya, jika menyebutkan “Pal 8”, atau “Km. 8”, maka yang mereka akan tahu dan mengerti bahwa yang dimaksud adalah Jalan Tjilik Riwut Km. 8. Delapan kilometer dihitung darimana? Dari Bundaran Besar, pusat Kota Palangka Raya. Jadi titik nol Kota Palangka Raya secara Geografi bisa dibilang di Bundaran Besar.

bundaran-besarSekali lagi, saya belum menemukan informasi akurat dan terpercaya tentang hal ini. Yang sudah saya ungkapkan di atas adalah sekedar pengetahuan saya tentang Kota Palangka Raya. Tapi jika teman-teman punya informasinya, tolong di-share di sini ya. :)

[foto ilustrasi paling atas adalah foto titik nol di bandung]

Incoming search terms:

kota palangkaraya, Pusat kota palangkaraya, kota palangka raya, palangka raya, 0km palangkaraya, kota palangka, palangkaraya letak nya, letak palangkaraya, foto foto palangkaraya, titik nol palangka

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus