Beberapa hari yang lalu, teman-teman (baru) saya di twitter membahas tentang hal ini: ReTweet. Ada berbagai macam pendapat dan komentar dari mereka tentang ‘bagaimana cara nge-retweet yang benar’. Dan melihat itu semua, saya pun tidak tahan untuk mengutarakan apa yang selama itu saya tahu tentang retweet ini. Apa yang saya utarakan memang bukan panduan baku, namun bagi kalian yang baru mulai main twitter, ini bisa dijadikan referensi.

  1. jadi gini..
  2. tadi saya melihat di timeline ada yang membahas cara RT (ReTweet) di Twitter ini. karna itu saya akan sedikit meluruskan.
  3. cara nge-RT (ReTweet): baca ini aja deh http://t.co/yY3jb3Vz :p
  4. oke, bagi kalian yang malas baca, akan saya jelaskan sedikit.
  5. RT (ReTweet) adalah twit (seseorang) yang kita pilih untuk kita bagikan di TL (timeline) kita.
  6. caranya bisa dengan langsung menekan tombol Retweet, atau meng-copy secara manual twit itu, lalu menambahkan RT di depan twitnya.
  7. RT dengan copy secara manual berarti akan nge-mention akun yg nge-twit itu tadi. tapi kalo pake tombol Retweet, ga kebaca di mention.
  8. tombol retweet: http://t.co/SPeiAmA8
  9. lalu jika kita ingin mengomentari/menanggapi twit yang kita RT tadi, tambahkan saja kalimatnya sebelum “RT”.
  10. contoh menambahkan komentar (RT): http://t.co/vlYSrmVA
  11. oke, mungkin masing2 punya pengertian & cara tersendiri dalam memberi komentar. ada yg di depan (seperti di contoh), atau yg di belakang.
  12. tapi contoh yang kubikin tadi itu adalah yang resmi dari Twitter. silakan cek di http://t.co/yY3jb3Vz
  13. jadi kalo komentarnya ada di belakang, itu berarti dia bikin aturannya sendiri :p
  14. salahkah bikin aturan sendiri? jelas ngga. toh ga ada yg melarang. hanya saja, orang yg ga ngerti ya akan kebingungan.
  15. ada lagi istilah “quote tweet”. nah, yang ini udah kucek di web resmi twitternya ga ada. tapi di aplikasi Twitter for Blackberry ada.
  16. dan berhubung di web resmi Twitternya ga ada, aku ga akan pernah pake “quote tweet” itu. tetep pake RT seperti biasa aja.
  17. prinsipku, aku pake yang universal aja. yang dimengerti semua orang.
  18. manual book Twitter mungkin ga ada. tapi (hampir) semuanya ada di halaman help-nya: http://t.co/2fCvgfAW
  19. jadi menurutku, (sebaiknya) kalo mau ngebales twit atau mention pake tombol reply aja.
  20. tapi kalo menurutmu twit tersebut juga cukup penting utk di-RT, atau supaya topik yg dibicarakan jelas, silakan aja pake RT.
  21. contoh: saat kita pengen ngebales/nanggapin mention/tweet yg udah lama, kadang org bisa bingung. ini nge-reply yg mana? nah, pakailah RT.

Demikian pembahasan singkat saya tentang RT. Ingat, RT itu adalah ReTweet, bukan Reply To. Dan jika masih ada yang kurang jelas, silakan tanya di kolom komentar ya. :)

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus