Hai fren, pekerjaan saya sebagai web developer mengharuskan saya untuk melaporkan progress website yang sedang saya buat. Nah, salah satu aplikasi web yang saya perlukan adalah aplikasi screenshot web. Dulu, saya biasanya menggunakan cara klasik, yaitu tombol ‘print screen’. Namun cara ini punya kelemahan, yaitu hanya mampu membuat screenshot yang ada di layar monitor. Jadi jika websitenya agak memanjang ke bawah, bagian bawahnya harus di-print screen manual lagi. Agak repot.

Sejauh ini, website favorit saya yang menyediakan aplikasi tersebut adalah Screen Capture di http://ctrlq.org/screenshots/.

Kita cukup menginput URL/alamat dari halaman web yang ingin kita buat, screenshotnya, dan kemudian klik tombol ‘capture screenshots’. Tunggu beberapa saat, dan kemudian file gambar screenshot berformat PNG yang akan meng-capture halaman web secara full sudah dapat didownload.

Semoga bermanfaat.

Update:

Pake Add-on Firefox ‘FireShot’ ternyata bisa juga.

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus