Saat ini saya sedang pusing. Pusing mencari aplikasi Sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online yang cocok dengan Sistem PSB sekolah saya. Saat ini PSB Online sudah menjadi semacam tuntutan bagi sekolah modern, terutama sekolah saya yang ber-akreditasi A. Di kota Palangka Raya sendiri beberapa sekolah sudah menerapkan PSB Online ini. Mereka menggunakan Sistem PSB Online SIAP yang dikelola oleh langsung Telkom dan Dinas Pendidikan. Sistemnya sendiri kulihat cukup bagus. Sederhana. Dan lumayan efisien.

Tapi jelas bukan tanpa kekurangan. Kekurangannya justru pada sistem yang bisa dibilang terpusat tersebut. Pihak sekolah hampir tidak memiliki peran, terutama dalam seleksi calon peserta didiknya. Sistemnya hanya memakai nilai rapor & nilai UN sebagai pertimbangan. Padahal jelas hal itu masih kurang dalam proses seleksi.

Di almamater saya, SMAN 5 Plus Palangka Raya sendiri dulu menerapkan seleksi bertingkat. Tes berkas, tes akademik/wawancara, dan tes kesehatan. Tapi sekarang hanya tes berkas (sistem online). Silakan saja tanya ke pihak sekolah apakah menurut mereka sistem seleksinya sudah efektif atau tidak.

Karena itulah sejak bulan lalu saya pusing mencari aplikasi mana yang cocok yang bisa memenuhi kebutuhan sistem penerimaan siswa baru di sekolah saya. Dari beberapa yang saya dapatkan, hampir tidak ada yang gratis. Karna itulah saya harus benar-benar selektif dalam mencarinya agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Selamat pusing ya. :hammers

Update: Saat ini saya sudah mendapatkan yang saya cari. :D Cekidot –> Aplikasi PSB Online

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus