Zemanta ini adalah semacam plugin di wordpress yang memberikan rekomendasi link, tag, dan artikel di postingan yang sedang kita buat. Dan menurut saya sangat sangat sangat berguna sekali. Contohnya adalah saat kita ingin mengutip suatu kata atau frase dari sumber lain, tapi kita tidak tahu apa artinya. Biasanya kita akan mencari di secara manual Google atau Wikipedia.

zemanta

Nah, dengan Zemanta, pekerjaan kita dalam mencari link-link referensi tersebut akan semakin mudah karna Zemanta secara otomatis akan men-scan kata-kata dalam postingan kita dan kemudian memberikan rekomendasinya. Rekomendasi linknya biasanya dari Wikipedia atau website resminya.

Selain link, Zemanta juga memberikan rekomendasi tag dan related article. Untuk related article sendiri tidak akan saya pakai di blog ini karna saya sudah menggunakan plugin khusus. Lagipula related article yang diberikan itu berasal dari blog lain. Agak males. ;)

Untuk yang rekomendasi tag, saya benar-benar menyukainya. Soalnya saya kadang kebingungan mau ngasih tag apa. Jadi benar-benar terbantu oleh Zemanta ini.

Bagi teman-teman yang mempunyai blog di wordpress.com, biasanya sudah otomatis ada. Tapi bagi yang blognya di self-hosting, maka bisa menginstallnya langsung di menu plugin. Search aja ‘Zemanta’, ntar bisa install otomatis kok. Atau kalo mau upload manual, file pluginnya bisa didownload di http://downloads.wordpress.org/plugin/zemanta.0.8.2.zip (direct link).

Semoga bermanfaat. :)

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus