Ini adalah (semacam) pesan bagi kalian yang sekarang kuliah kedokteran.

Ga tau juga sih apa motivasi awalmu saat ingin masuk ke jurusan kedokteran ini. Entah memang minat sendiri, dorongan (paksaan) orang tua, atau bahkan mungkin cuma iseng.

Ga tau juga setelah lulus dari jurusan kedokteran ini apakah mau jadi dokter beneran, jadi dosen kedokteran, atau malah melakukan kerjaan lain yang ga ada hubungannya.

Tapi jika setelah lulus kalian memang ingin jadi dokter, jadilah dokter yang sesungguhnya. Maksud saya adalah jadi dokter yang memang niat untuk nolong orang. Bukan dokter yang hanya melayani pasien yang ‘beruang’. Bukan dokter yang hanya mau praktik jika fasilitasnya memadai. Bukan dokter yang praktik hanya agar semua biaya semasa kuliahnya bisa kembali modal.

Jika kalian benar-benar ingin jadi dokter, ketahuilah bahwa bukan rumah sakit terkenal yang memerlukan kalian, melainkan Puskesmas atau Posyandu yang berada di daerah-daerah yang masih butuh tenaga medis.

Ketahuilah, jika kalian bekerja dengan ‘benar’, kalian ga akan kekurangan pasien. Kalian ga akan kekurangan pemasukkan. Kalian akan ‘menghutangi Tuhan’ karna telah membantu banyak orang.

Kira-kira seperti itu deh.

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus