Tanggal 1 April 2012 nanti, pemerintah berencana menaikkan harga BBM bersubsidi dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.000. Saya kurang tahu alasan yang paling tepat dari hal tersebut. Katanya sih karna subsidi yang diberikan terlalu besar, sehingga keuangan negara ‘tidak sehat’.

Di beberapa berita yang saya baca, kenaikan harga BBM bersubsidi ini akan diimbangi dengan kompensasi kepada masyarakat yang kurang mampu. Kemungkinan dalam bentuk BLT (bantuan langsung tunai). BBM memang naik karna kas negara bakal sulit untuk ‘sehat’ selama masih memberikan subsidi yang tergolong besar, tapi proyek-proyek pembangunan gedung-gedung pejabat jalan terus. Pengeluaran-pengeluaran dari anggota dewan & pejabat yang tidak perlu semakin banyak. Korupsi masih terus jalan. Bagaimana rakyat tidak marah?

Bagi saya sendiri, kenaikan harga BBM ini tidak terlalu berpengaruh. Pengeluaran untuk bensin saya jelas akan naik. Tapi bagi saya yang terpenting adalah stok bensin/BBM ini tetap aman. Lebih baik harga bensin naik tapi bensin tidak langka daripada harganya tetep murah tapi harus berjam-jam antre di SPBU yang belum tentu juga bisa dapat.

Lalu ada berita bahwa pada tanggal 27 Maret nanti akan diadakan demo besar-besaran menentang kenaikan BBM ini. Nah, pertanyaannya, apakah hal tersebut akan efektif? Apakah hati pemerintah akan luluh dan tidak jadi menaikkan harga BBM? Apakah demo besar-besaran tersebut akan berlangsung dengan aman, atau malah akan terjadi tindakan-tindakan tidak baik dari pendemo? Apakah hal tersebut tidak akan menimbulkan masalah baru?

Asal tahu saja, di daerah-daerah terpencil, BBM kebanyakan dijual dengan harga yang sangat mahal. Kisaran harganya 10 – 20 ribu rupiah. Kalau tidak percaya silakan cari tau sendiri informasinya. Alasan harga BBM semahal itu adalah karna ‘katanya’ langka. Padahal banyak oknum yang menimbun BBM agar dijual kembali dengan harga yang mahal. Nah, setahu saya, warga di daerah-daerah terpencil ga terlalu ribut kok dengan kenaikkan ini. Mereka sudah terbiasa membeli BBM dengan harga 2-3 kali lipat. Bertambah mahal lagi mungkin ga akan terlalu berpengaruh. Yang penting stok aman, saya yakin begitu.

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus