Terakhir kali saya posting adalah tanggal 28 Januari yang lalu, yang artinya hampir 1 bulan saya tidak nge-blog. Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa kerjaan belakangan ini benar-benar menyedot perhatian saya. Dan berbeda dengan Twitter yang dapat diakses via ponsel dengan gampang, nge-blog bisa dibilang cukup rumit bagi saya karna harus via PC.

Akibat dari tidak adanya posting selama sebulan ini adalah penurunan pengunjung. Padahal sebagian besar pengunjung blog ini berasal dari mesin pencari Google. Dan algoritma Google yang baru membuat blog-blog yang lama tidak diupdate akan turun peringkatnya.

Bukannya blog ini tidak pernah diupdate sih. Saya kadang mencoba melakukan perubahan di sana-sini, terutama dari segi desain. Sayangnya itu tidak berpengaruh pada rangking di Google. Google hanya melihat konten. Jadi sekarang cuma bisa pasrah aja deh, sambil coba terus update blog ini supaya peringkatnya bisa naik dan jumlah pengunjungnya bertambah kembali. :)

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus