6 tahun yang lalu, saya yang diawasi. Sekarang giliran saya mengawasi. Hari senin tanggal 16 April yang lalu, ujian (akhir) nasional SMA tahun ajaran 2011/2012 serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dan untuk pertama kalinya saya kebagian tugas menjadi pengawas silang UN ini. Saya mendapat tugas untuk mengawas di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.

Well, jadi pengawas itu sebenarnya gampang saja. Apalagi kalau melihat ujian sekolah kemaren, saya pikir tidak ribet. Ternyata salah. Bagi pengawas pun, pelaksanaan UN kali ini agak mumet.

Yang pertama, pengawas harus mengisi berita acara. Kemudian menuliskan satu per satu nama peserta UN di ruangannya. Ya, menuliskannya sebanyak 3 rangkap, yang berarti 60 baris yang harus ditulis, baik nomor maupun nama peserta. Jadi 30 menit, bahkan hampir 1 jam hanya dihabiskan oleh pengawas untuk menuliskan nama & nomor peserta. Belum lagi harus mengisi pakta, yang entah untuk apa. Padahal di awal kami sudah membuat surat pernyataan.

Yah, begitulah. Semumet apapun, tugas kami toh hanya mengawasi. Sambil mendoakan juga bagi mereka yang menempuh ujian agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus