Orang kerap bertanya:

“Apa hal terpenting yang sebaiknya saya lakukan jika ingin memastikan situs Web saya mudah digunakan?”

Jawabannya adalah…

“Jangan buat saya berpikir!”


Kalimat di atas adalah kutipan dari buku “Don’t Make Me Think”, sebuah buku yang berisi panduan praktis membangun web yang logis dan mudah untuk digunakan. Buku yang menurut saya wajib dimiliki oleh kamu yang bekerja di bidang pengembangan situs Web, entah itu sebagai desainer, programmer, penulis, penyunting, atau webmaster.

Ini merupakan buku lama. Buku yang sangat lama. Walaupun versi terjemahan bahasa indonesia yang saya miliki cetakan bulan Mei tahun 2013, namun contoh-contoh dan kasus yang digunakan di situ jadul. Meski begitu, menurut saya isi buku ini tetap tidak akan ketinggalan jaman karna memang konsep yang dibagikan adalah konsep yang paling mendasar dalam pengembangan sebuah website.

Jangan sampai investasi besar kita di bidang website jadi sia-sia hanya karna website yang ternyata sulit digunakan. Luangkan waktu sekitar 3-4 jam untuk membaca buku ini, dan pikiranmu tentang kebergunaan web akan ‘terbuka’. 🙂

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus