Maaf, postingan kali ini serius.

Sebelumnya, saya perlu kasih tau dulu deh, alay itu singkatan dari anak layangan, yang berarti anak-anak labil, layaknya sebuah layang-layang yang ditarik-ulur. Entah siapa yang menciptakannya istilah tersebut. Yang pasti, Friendster dan Facebook telah sukses melahirkan generasi alay di Indonesia.

Sejujurnya saya ga terlalu bermasalah dengan pose-pose narsis nan alay dalam berfoto.



Tapi yang benar-benar mengganggu adalah tulisan alay. Apa itu tulisan alay? Tulisan alay adalah kombinasi huruf kalpital, kecil, angka, dan symbol-symbol. Tulisan yang bikin sakit mata.

Sebenarnya tulisan alay itu sangat berguna sebagai password. Password alay bakal susah ditebak. Di tulisan tentang Netiquette, sudah saya sebutkan juga bahwa alangkah baiknya jika kita menggunakan bahasa/kata-kata yang baik dan benar, yang gampang untuk dibaca dan dipahami. Maaf, tapi menyingkat-nyingkat kata juga kurang baik.

Jika kamu cuma sms-an sama temen-temenmu yang emang ngerti bahasa singkat-singkat itu sih ga masalah. Yang jadi masalah adalah kalau kamu juga pake bahasa yang disingkat-singkat tersebut pas ngirim email atau sms ke orang-orang tua. Kasian tau. Saya aja kalo ngebacanya bisa sakit mata dan pusing sendiri. :hammer:

Beberapa singkatan yang tidak saya sarankan: Aku = Aq. nya = x. kamu = u. Beberapa singkatan yang bisa diterima: yang = yg, tidak = tdk. bisa = bs (Tambahin sendiri ya).

Jika ruang untuk menuangkan sesuatu ke dalam tulisan itu terbatas, contohnya di sms atau di twitter, maka singkatlah kalimatnya. Bukan kata-katanya. Jelas untuk melakukan hal ini otak perlu bekerja lebih keras. Tapi percayalah, kalau kamu sudah terbiasa, enak aja kok. Orang-orang pun bisa menilai bahwa kamu adalah orang yang smart.

Jadi tua itu pasti, tapi jadi dewasa itu pilihan.

Incoming search terms:

pose alay, alay narsis, gambar pose alay

Togap Tartius

Freelance web developer. Mantan guru komputer. Suka membaca dan berpikir. Hobi mengutak-atik komputer baik software maupun hardware.

More PostsWebsite

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus